Minggu, April 12, 2009

Jackie Chan Mengurangi Tendangan, Ganti Bersilat Lidah di Shinjuku Incident


Anda-andi yang pengen liat aksi akrobatik kungfu ala Jackie Chan, pasti akan kecewa dengan Shinjiku Incident. Film yang disutradarai Derek Yee ini lebih banyak memuat drama, porsi action hanya sepertiganya. Tapi, seperti halnya film2 mafia yang bagus, actionnya walau sedikit tapi sangat mencengangkan, karena adegannya benar2 dibutuhkan, bukan demi mengumbar darah doang.

Diproduseri sendiri oleh Jackie Chan, Shinjuku Incident menyoroti kehidupan seputar para imigran gelap asal Cina yang mencoba kemujuran di Jepang, tepatnya di sebuah distrik di Tokyo bernama Shinjuku.

Jackie Chan berperan sebagai Steelhead, seorang petani sederhana di Cina yang tujuannya ke Jepang adalah untuk menyusul pacarnya, Xiu Xiu yang lama nggak memberi kabar berita. Steelhead diajak oleh sobatnya, Jie untuk tinggal bersama rekan2 sesama imigran gelap di sebuah rumah sewaan di Shinjuku. Untuk menyambung hidup, mereka kerja serabutan, seperti membersihkan saluran air, menjual kartu telepon palsu, mencuri, dll.


Tanpa sengaja Steelhead menemukan Xiu Xiu tapi ternyata ia telah menjadi istri salah satu bos Yakuza, bernama Eguchi. Kebetulan juga, Steelhead menyelamatkan Eguchi dari pembunuhan sesama bos Yakuza. Maka Steelhead dijadikan kaki tangan Eguchi untuk memenuhi ambisinya menguasai Yakuza. Singkat cerita, para imigran gelap Cina akhirnya mendapat tempat yang layak di bawah kepemimpinan Steelhead. Namun, konflik belum selesai karena kubu Yakuza yang membenci Eguchi masih terus mengintai. Selanjutnya? Tonton ndiri daah…

Seperti disebut di awal, ini bukanlah film tipikal Jackie Chan. Ini adalah sebuah lompatan bagus dari Jackie Chan yang udah kenyang (mungkin eneg) memamerkan skill kungfunya di film action. Di sini kita liat Jackie Chan yang lebih menusiawi, lebih biasa2 saja, yang bisa terluka, bisa….ah, nanti jadi spoiler lagi. Pokoknya, buat yang bingung mau nonton film ini atau Push, gue berani jamin Shinjuku Incident jauh lebih keren. Buat yang nekad nonton Push, I wish you all the best!

Tidak ada komentar: