Sabtu, September 26, 2009

Mandi Kambing di Hadramout

Gara2 sebuah review di milis Jalansutra, gue dan geng makan2 penasaran bukan kepalang ingin menyicipi kambing di Hadramout Restaurant. Ini adalah restaurant Arab yang terkenal dengan menu “Mandi Kambing”, yaitu 1 set menu yang terdiri dari ¼ kambing panggang dilengkapi nasi (seperti kebuli) dan sop.

Waktu eksekusi emang agak mengkhawatirkan, yaitu hari Jumat dan saat bulan puasa. Maka kita memutuskan untuk memesan tempat dulu daripada pulang dengan perut hampa. Benar saja, menjelang saat yang dinantikan, jalanan menuju ke Jl. Tambak macet abis. Jadi terpaksa kita berbuka di jalan. Untung salah satu personil berinisiatif untuk membeli minuman dan sedikit roti untuk mengganjal perut.

Kami jalan dari kantor di Pancoran melewati Jl. Sahardjo, kemudian di Manggarai belok kanan ke arah pintu air. Memasuki jalan Tambak, di sebelah kiri jalan keliatanlah itu plang kuning bertuliskan “Hadramout Restaurant”. Karena parkiran di depannya udah penuh, mobil pun ditaro di Rumah Sakit Tambak, persis di sebelahnya.

Memasuki restaurant, kesannya wow…Arab sekali. Kita duduk lesehan dengan dekorasi yang Arab abes. Bahkan korannya pun berbahasa Arab (kayak ngerti aja kite).

Pertama kali datanglah sop yang isinya cuma kuah doang. Wah, agak mengecewakan nih. Walaupun rasanya enak, tapi di review Jalansutra disebutkan sop itu berisi sumsum dan daging. Tapi what de heck, gue sruput juga tuh ampe abis.

Tak lama, datanglah menu utama, Mandi Kambing. Potongan2 kambing lengkap dengan tulangnya tergeletak di antara berjibunnya nasi lezat. Ternyata review tersebut nggak meleset. Kambingnya sama sekali ga bau prengus dan luar biasa lembut. Enak banget. Nasinya pun sesuai dengan namanya, lezat. Aroma cengkeh dan bumbu2 lain-secara mengejutkan-gak terlalu menyengat. Mild, lah. Nasinya lumayan bikin kenyang. Tapi tetep, kambing itu juaranya. Sepertinya yang dipake adalah kambing muda. Atau kambing tua tapi kerjaannya males2 doang selama hidup…haha.

Kami tak lupa memesan Mint Tea untuk menyegarkan suasana. Mantap rasanya. Kelar mandi kambing, kami menunggu-nunggu kepala kambing yang ditulis di review. Ternyata setelah dicek, kepala kambing itu diberikan kalo masih tersedia. Jadi karena yang dateng rame, jadi kita ga kebagian.

Mandi Kambing yang emang bikin kenyang itu bikin kita leyeh2 dulu di lesehan karena lemez. Efek sampingnya emang jadi males ngapa2in. Mungkinkah kita telah berada di surga? Setelah sadar kita pun bergegas pulang. Ya, sodara2, acara makan kali ini termasuk sukses. Geng makan2 pun pulang dengan perut kenyang dan hati riang. Tapi awas, kami akan kembali untuk kepala kambing…mbeeek...

Hadramout Restaurant
Tambak Raya No. 16A
Jakarta Pusat
Telp: (021) 392-8148

Tidak ada komentar: