Selasa, Mei 05, 2009

Mari Bu, Buku Iklannya...

Menyambung review Sex After Dugem dan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (tanggal 2 Mei kemaren, lewat dikit gpp ya?) mari kita membahas buku iklan lagi. Sebelumnya, penting ga sih baca buku iklan? Emang ga penting2 amat, jauh lebih penting baca blog ini...hahaha! Oke serius, deh. Mencontek kata2nya Luke Sullivan, lo lebih percaya mana, dibedah oleh dokter yang males baca atau dokter yang rajin meng-update dirinya dengan buku2 bedah & kedokteran? Nah...kurang lebih gitu deh sama iklan. Cuma bedanya, kalo di dunia iklan, nobody dies! Orang dengan modal sotoy bisa aja bikin iklan. Tapi bagaimana karyanya, apakah bercita rasa tinggi? Apakah bisa dipertanggungjawabkan di hadapan Yang Maha Kuasa? Makanya, untuk menjadi ahli, kita harus rajin baca dan terus belajar. Jangan cepat puas, stay foolish, kata Steve Jobs.

Daftar buku ini disusun secara acak alias in no particular order, kecuali yang nomor wahid, "Hey Whipple Squeeze This!" karangan Luke Sullivan, sengaja gw taro pertama karena It's the bessstt!!! Bahkan tulisan ini mencontek bab terakhirnya, cuma gue tambahin beberapa...hehehe. Baik anak2, mari kita mulai pelajarannya…

1. Hey Whipple, Squeeze This! A Guide To Creating Great Ads (Luke Sullivan.John Wiley & Sons, Inc., 2003)
Ini buku dewa nih. Dibacanya enak banget karena gak menggurui dan penuh humor sehingga tanpa sadar, kita dapat ilmu yang banyak. Ditulis oleh Luke Sullivan, copywriter award-winning dari agency Fallon McElligott yang terkenal dengan kampanye "Perception/Reality" majalah Rolling Stone. Kalo lo cuma punya budget beli satu buku seumur hidup, belilah buku ini! Isi secara keseluruhan emang berasa copywriter banget (baca: banyak tulisan, sedikit gambar, dengan porsi copywriting yang lebih banyak), tapi tetep asyik dan relevan kok buat para art director. Sangat, sangat, sangat direkomendasikan. Eh, jangan minjem ke gue ya, beli ndiri!

2. Cutting Edge Advertising: How to Create the World's Best Print for Brands in the 21st Century (Jim Aitchison. Prentice Hall
, 1999)
Gue baca jaman kuliah tahun 2000an, sampai sekarang masih relevan. Berbeda dengan buku2 lain di mana penulisnya satu orang dan mempunyai satu opini pula, Jim Aitchison mengumpulkan berbagai pendapat pakar yang beragam. Jadi tinggal kita yang menyimpulkannya.
Sayangnya punya gue ilang euy….hayo, siapa yang minjem? Balikin!

3. Creative Advertising (Mario Pricken.Thames & Hudson, Ltd
, 2003)
Dibanding "Hey Whipple...", buku ini lebih boring. Tapi di sini teknik brainstormingnya lebih detail. Dan contoh2 iklannya pun oke punya. Maklum yang nulis art-based, jadi penuh gambar2 cantik. Isinya cukup tebal dan berguna untuk bikin iklan yang award-winning.

4. The Art of Advertising -
George Lois on Mass Communication oleh (George Lois & Bill Pitts. Harry N Abrams, 1977)
Ini adalah buku yang memuat karya2 salah satu tokoh kreatif favorit gue, George Lois. Dia basicnya seorang art director, tapi mempunyai kepekaan verbal yang cukup tinggi. Karya legendarisnya adalah sampul majalah Esquire bergambar Mohammad Ali berpose seperti Yesus. Figur kontroversial ini alumni DDB tahun 1960an yang kemudian mendirikan biro iklan sendiri, PKL.


5. Lanturan Tapi Relevan (Budiman Hakim. Galang Press, 2006)
Buku pertama Budiman Hakim ini ngingetin banget ama "Hey Whipple...". Gayanya sama, nyantai banget tapi penuh makna. Buku iklan Indonesia pertama yang gue salut lut lut lut…

6. Komunikasi Cinta (Djito Kasilo. Kepustakaan Populer Gramedia,
2008)
Nah, kalo Budiman cerita ngalor ngidul, Djito lebih praktis dalam memberi pelajaran. Dia bikin contoh kasus, semacam workshop kecil2an ama beberapa praktisi iklan. Jadi keliatan tuh bagaimana mendevelop sebuah kampanye iklan dari bikin strategi sampai eksekusi. Landasan teorinya adalah cinta....taela...


7. Pick Me – Breaking Into Advertising And Staying There (
Nancy Vonk & Janet Kestin. John Wiley & Sons, Inc., 2005)
"Pick Me" ditujukan buat yang baru mau atau barusan nyemplung di dunia iklan. Sebenernya, ini adalah kompilasi dari pertanyaan2 yang muncul di kolom AskJancy di "ihaveanidea.org" dikumpulkan jadi satu. Sayang banget gue baru punya pas udah lumayan lama di iklan. Kayaknya lebih berguna waktu awal2 dulu. Sigh….

8.The Book of Graphic Problem-Solving (
John Newcomb.R.R Bowker Company, 1984)
Buku jadul yang udah gue punya sejak masa kuliah dan selalu jadi pegangan waktu pertama-tama kerja. Di sini diberitahu teknik mencari ide menggunakan Bite System, yang pada dasarnya adalah cara membedah pesan komunikasi dengan sedetail mungkin. Lucunya, walaupun outputnya adalah visual, tahap awalnya melalui tulisan. Bagus nih, jadi ajang latihan nulis buat para visual-based kreatif. Contoh yang digunakan adalah membuat sampul majalah Medical Economics, tempat John Newcomb bekerja.Walau begitu, masih bisa diterapkan buat bikin iklan atau media yang lain. Mantep.

9. The Advertising Concept Book (Pete Barry.
Thames & Hudson, Ltd, 2008)
Buku penting buat bikin kampanye iklan yang terintegrasi, terutama bagi para pemula. Uniknya, karena fokusnya adalah membuat konsep, konsep dan konsep dan bukannya ngulik eksekusi, ga ada contoh iklan jadi di sana, semuanya disajikan dalam bentuk sketsa. Seperti yang ditulis di sampul bukunya, “Think now, design later”.


10. When Advertising Tried Harder
: The Sixties, the Golden Age of American Advertising (Larry Dubrow. Friendly Press, 1974)
Menyoroti revolusi kreatif periklanan Amerika di tahun 1960an. Tentu saja, porsi besar diperuntukkan bagi DDB karena karya2nya yang fenomenal pada masa itu. Gue baca waktu magang di Matari tahun 2001. Di sana, koleksi buku (jadulnya) emang bagus2. Ada yang jual ga ya, sekarang?


11. It's Not How Good You Are, It's How Good You Want To Be (Paul Arden. Phaidon Press Limited, 2003)
Buku motivasi kontemporer buat pribadi yang kontemporer seperti anda! Isinya singkat tapi menusuk dalem. Emang ga semata-mata ngomongin iklan, tapi nyambung jugalah dengan kehidupan pembuat iklan yang tiap hari dituntut untuk menelorkan karya2 yang hebring. Paul Arden juga dulunya seorang creative director andal.

Tidak ada komentar: