Minggu, Mei 09, 2010

Pangkep 33: Salam 33 Jari!

Setelah membaca review Pangkep 33 di internet, gue mengalami kesulitan tidur karena terus membayangkan nikmatnya makan seafood di sana.

Akhirnya, kesempatan itu tiba juga. Berawal dari kepergian gue dan bokap-nyokap ke Mangga Dua. Mereka mo beli kaos sedangkan gue nyari DVD film dan software. Tadinya, abis dari Mangdu kita mau makan siang ke restoran steak baru milik salah satu kerabat di daerah Cinere. Nah, berhubung waktu kunjungan di Mangdu yang molor ampe jam 12 lewat dan naga di perut ini udah susah berkompromi, akhirnya gue berinisiatif untuk ngajak bonyok nyobain Pangkep 33, yang lokasinya ga jauh dari Mangdu, tepatnya di Jl. Batu Ceper no.63.

Dari Jl. Gajah Mada yang macet kita pun berbelok ke Jl.Sukarjo Wiryopranoto. Dari sana belok kanan ke Jl. Batu Tulis. Yap, kita nyasar. Setelah tanya sana-sini akhirnya nemu juga, yang ternyata sejajar dengan Jl. Batu Tulis. Terlihatlah plang “Pangkep 33” dengan dapur yang terletak di luar karena hrs ngebakar ikan. Letaknya sebelum restoran seafood Njun Njan, yang udah lama beken tapi harganya kurang keren.

Tiba di Pangkep, gue langsung mesan Gule Kepala Kakap sedangkan nyokap mesan Ikan Kerapu Bakar. Sebagai sampingan, kita milih Udang Pacet Goreng Mentega dan Sayur Bunga Pepaya. Selang beberapa menit, datanglah makan sampingan kita. Udangnya biasa aja. Sayurnya juga. Mulai cemas nih, jangan2 ketipu? Tapi kemudian datang Ikan Kerapu Bakar. Gue spontan melotot begitu melihat bentuknya dagingnya yang luar biasa legit. Pokoknya blom dicoel atau dicicip, udah ketauan deh gimana enaknya. Mungkin inilah ikan kerapu tersegar yang pernah gue liat. Tanpa ba-bi-bu lagi, langsung gue mbat tuh ikan. Wahh…benerrr…ini ikan kerapu terenak di dunia. Bener2 seger! Gue biarin nyokap-bokap rebutan ikan itu karena gue masih nunggu Gule Kepala Kakap yang konon istimewa.

Setelah kerapu hampir menyisakan tulang, datanglah itu gule kepala kakap atau tepatnya...gule kepala kakap monster!!! Sumpe dah, hampir pingsan gue ngeliat ukurannya yang jumbo. Gue lumayan panik, karena personil kali ini cuma tiga orang dengan kondisi perut lumayan terisi, sementara kepala kakap itu bisa buat ngasih makan 10 orang!

Rileks, rileks, batin gue. Gue ambil satu potong. Gila, gak kalah dengan kerapunya, kepala kakap ini juga segar. Dagingnya putih merekah dan sangat melimpah. Kebanyakan kepala kakap kan tulang semua isinya. Kuahnya pun nikmat, hanya agak sedikit kemanisan menurut gue. Tapi nggak bikin eneg kayak di tempat2 lain. Gue dibantu nyokap mempreteli kepala kakap itu satu demi satu, sampai akhirnya kami memutuskan untuk membungkus beberapa bagian yang tersisa. Iyalah, perut gue dah mau meledak!

Sehabis cuci tangan di toilet belakang, gue dikejutkan lagi karena di meja udah ada es buah. Ternyata itu compliment! Wow…perut yang udah full ini pun seakan melonggar lagi untuk memberi tempat es buah yang suegerr.

Ketika mau bayar, sang owner menghampiri meja kami. Ia bertanya bagaimana makanannya. Tentu saja kami jawab dengan pujian bertubi-tubi. Bokap-nyokap yang punya kenangan lama di Makassar pun bernostalgia dengan owner yang berasal dari Poso. Dijelaskan pula, emang ikan2 di Pangkep 33 ga lama2 disimpen. Jadi dari pelabuhan langsung dibawa ke restoran. Dan ikan kakap raksasa itu benar2 special of the day, karena hari itu cuma ada satu dan ukurannya emang melebihi biasanya.

Bersyukurlah atas adanya restoran Pangkep 33 yang masih menjaga keseimbangan kualitas dan harga. Tadi makan ugal2an kita cuma habis Rp250ribu-an. Benar2 highly recommended. Ikan2nya udah dapet approval lah dari gue. Kalo kepiting, blom sempet nyoba. Menurut info sih enakan di Saung Grenvil. Nanti bisalah dibuat studi perbandingan. Heh…heh…

http://www.pangkep33.com/

Tidak ada komentar: