Rabu, Juli 12, 2006

­­The Raconteurs-Broken Boy Soldiers

Agaknya ambisi Jack White terlalu besar untuk tetap setia di The White Stripes. Mungkin dia merasa mentok juga mengeksplorasi rock minimalis bersama drummer Meg White. Mungkin dia perlu drummer yg lebih skillful dan dukungan musisi-musisi berbakat lainnya. Agaknya itu alasan dibalik pendirian band proyekan Jack White dengan para musisi sekaligus teman-teman lamanya, The Raconteurs.

Sebenernya konsep musik The Raconteurs gak jauh-jauh amat dari The White Stripes, seperti track andalannya “Steady As She Goes” yang masih beroroma Garage Rock. Tapi sepertinya musik The Raconteurs ingin dibuat lebih jadul lagi, ke era film ‘Cold Mountain’ (di mana Jack White pernah bermain di sana dan cinlok dengan Renee Zelweger). Track yang paling berasa antik adalah “Broken Boy Soldier”, di mana terdapat permainan perkusi yang sangat menarik.
Track lainnya yang juga mantaps adalah “Hands” dan “Intimate Secretary”, mirip The Beatles dalam eranya yang paling psychedelic. Track ”Level” memperdengarkan sound gitar kasar yang menyayat ala The White Stripes dalam beat funky.
Soal sound, jelas lebih kaya dari The White Stripes. Selain munculnya pemain bass, dapat disimak pula permainan keyboard Brendan Benson. Kesimpulannya, band ini adalah The White Stripes yang ber-skill!

Tidak ada komentar: