Rabu, Februari 23, 2005

Goodnight Electric Electrified The Upstairs!

GOODNIGHT ELECTRIC stole The Upstairs' thunder dalam acara 'Androgyny Valentine Party' di BC Bar, Jakarta, 19 Februari lalu. Walaupun the Upstairs tampil cukup baik dengan permainan prima dan dandanan yang bisa bikin David Bowie tersenyum puas - mereka tampil dengan jas, dasi, make up, sunglasses dan celana ketat - tapi tidak cukup untuk mencegah penonton menggelinjang oleh setruman Goodnight Electric! Band 'karaoke' yang terdiri dari 2 personil saja, yaitu Rebecca dan Batman, mampu menghipnotis penonton dengan 'kesederhanaannya'.

Pertama-tama penonton dibuat bingung dengan stage yang propertinya terdiri dari dua biji mikrofon saja. Kemudian tampillah Rebecca yang tampil cute sekali malam itu dengan 'pakaian aerobik' ditemani Batman yang kelihatan 'cool' bin cuek memakai kaca mata hitam ala Lou Reed dan sweater. Ternyata benar, mereka bermain minus one alias karaoke dengan musik yang dimainkan dari sound system. Gw pribadi kurang suka dengan kualitas playback- nya yang kurang 'nendang', tapi itu semua tertutup dengan performa dua vokalisnya yang okeh punya. Terutama Rebecca...suaranya begitu jernih, renyah, yummy, and God! she really is looking gorgeous that night! Dan Batman, sesuai dandanannya, vokalnya juga cuek, mengambil nada-nada rendah, kadang-kadang ditambahi sound effect robotic. Pretty cool for a 'robot'...

GE membawakan beberapa nomor andalan, seperti 'A.S.T.U.R.O.B.O.T', 'Rocket Ship Goes By', 'Psychic Girl', dan
my personal favorite, 'The Supermarket I Am In'. Perlu gw tekankan lagi, Rebecca is a really, really, really good singer. Ada bagusnya keluar dari backing vocal-nya The Upstairs, sehingga bakat sesungguhnya bisa benar-benar muncul.

Gw sama sekali tidak bermaksud mengecilkan aksi The Upstairs malam itu. Mereka sendiri tampil oke
and 'synthesizer happy' sekali dengan menggunakan 3 keyboard yang bikin mereka tambah 80s aja. The Upstairs membuka malam dengan memainkan nomor hits-nya, 'Matraman', yang biasanya dibawakan saat encore. Sesuai dengan tema acara valentine, mereka juga membawakan 'Love Will Tear Us Apart' punya Joy Division. Pretty cool...kemudian ada 'Amatir', terus macem-macem gw lupa, n terakhir Antah Berantah, I think. Secara keseluruhan ok deh The Upstairs, tapi tidak sesuatu yang lebih...dan 30 menit sepertinya kurang buat The Upstairs untuk dapat 'membakar' BC Bar..

Setelah dua band 'panas' tadi selesai manggung masih ada acara DJ. Tapi karena gw lagi nggak
mood, jadi memutuskan untuk langsung pulang saja. Salut sama MTV Sky karena bisa menyatukan dua band yang segar malam itu dan terima kasih banyak buat Bayu, temen gw yang memberi free pass, and my partner in crime, Katro. Semoga kita bisa bergoyang lagi di lain waktu! And Rebecca, see you at the supermarket...